Panduan Memulai Digital Marketing Untuk UMKM

Digital Markerting adalah kegiatan pemasaran atau promosi merek atau produk atau layanan merek yang dilakukan di internet atau dengan menggunakan saluran berbasis internet lainnya. Aktivitas pemasaran yang menggunakan media digital untuk menjangkau sebanyak mungkin orang, karena memungkinkan merek untuk dapat memasarkan kepada customer dengan cara yang efektif, tepat waktu, dan biaya efisien.

Jika baru memulai bisnis, apakah kamu membutuhkan saran tentang cara memasarkannya? Sangat penting ketika memulai bisnis, bahwa kamu memiliki cara yang tepat untuk mempromosikannya. Jika kamu mempertimbangkan strategi pemasaran digital (digital marketing) untuk bisnismu! Karena apa? Di era yang sekarang sudah serba digital, perilaku dari sisi produsen dan konsumen hampir semuanya telah berubah haluan menjadi serba digital. Kamu tentu tidak ingin tertinggal bukan? Untuk sisi produsen, baik pengusaha kecil seperti UMKM hingga skala besar seperti perusahaan korporat telah banyak yang mulai mengimplementasikan strategi digital marketing untuk bisnisnya.

Nah untuk memulai perjalananmu di bidang digital marketing, belajar digital marketing bareng Solomediatama dengan simak info lengkapnya di bawah ini yuk!

Panduan Memulai Digital Marketing Untuk UMKM

Apa Itu Digital Marketing (DM)

Sebelum belajar lebih jauh tentang Digital Marketing, pertama kita pahami dulu pengertian dari digital marketing. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas Digital Marketing adalah kegiatan pemasaran atau promosi merek atau produk atau layanan merek yang dilakukan di internet atau dengan menggunakan saluran berbasis internet lainnya. Aktivitas pemasaran yang menggunakan media digital untuk menjangkau sebanyak mungkin orang, karena memungkinkan merek untuk dapat memasarkan kepada customer dengan cara yang efektif, tepat waktu, dan biaya efisien.

Digital Marketing bertujuan untuk menarik konsumen atau bahkan pelanggan baru dengan mudah. Karena orang-orang begitu nyaman dengan teknologi saat ini, tidaklah tidak terduga bahwa perusahaan memutuskan untuk menggunakan pemasaran online sebagai media pemasaran utama mereka. Perusahaan bersaing satu sama lain untuk mengembangkan konten yang menarik untuk digunakan dalam kampanye pemasaran digital mereka.

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

Bahkan para ahli di bidang digital marketing memiliki definisi mereka sendiri tentang apa yang mereka maksudkan. Lalu apa pengertian digital marketing menuurut para ahli sebagai berikut, apa saja itu?

Digital marketing menggunakan perkembangan dunia digital untuk melakukan periklanan yang tidak digembar-gemborkan secara langsung akan tetapi memiliki efek yang sangat berpengaruh.

Heidrick & Struggles (2019)

Pengertian digital marketing adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi dan distribusi. Secara sederhana dapat diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara konsumen dan produsen.

Kleindl dan Burrow (2015)

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media. Sebagai contoh yaitu blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan media sosial.

Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2019)

Alasan Digital Marketing Baik Untuk UMKM

Untuk alasannya sendiri, mengapa sih kita harus menggunakan strategi digital marketing untuk mengembangkan bisnis yang dijalani? Berikut beberapa alasan yang bisa kamu dapatkan:

  1. Mampu membantu membangun brand bisnis yang dimiliki
  2. Semua gadget bisa dipakai untuk menjalankan digital marketing
  3. Dapat menjangkau target pasar atau konsumen yang lebih spesifik
  4. Mampu meningkatkan jumlah pendapatan dengan efektif
  5. Digital marketing dapat diterapkan untuk semua jenis bisnis

Kelebihan Digital Marketing

Banyaknya digital marketing yang dipakai oleh perusahaan-perusahaan, membuktikan bahwa ini memiliki banyak kelebihan dan manfaat yang dapat diperoleh, apa saja itu?

Berikut adalah beberapa informasi tentang beberapa keuntungan yang ditawarkan dari pemasaran digital dibandingkan dengan pemasaran tradisional.

Lebih Cepat Menyebar

Pemasaran menggunakan internet dapat dilakukan dengan sangat mudah, dalam hitungan detik. Selain itu, Digital Marketing juga dapat diukur secara realtime dan tepat.

Mudah Membangun Nama Brand

Digital marketing membantu Anda membangun nama brand dengan baik. Eksistensi dunia maya dengan keberadaan brand Anda sangat penting karena orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk Anda.

Murah dan Efektif

Pemasaran digital jauh lebih murah dan lebih efisien daripada pengeluaran iklan tradisional.

Pemasaran digital dapat membantu perusahaan menghemat hingga 40% pada biaya pemasaran mereka, kata laporan baru dari Gartner.

28% dari pengusaha kecil yang disurvei mengatakan bahwa mereka akan pergi ke digital sebagai alat pemasaran, karena terbukti lebih efisien.

Dapat Menjangkau Lebih Luas

Kelebihan berikutnya yaitu jangkauan geografis dari Digital Marketing yang luas. Anda dapat menyebarkan brand atau produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan internet.

Kemudahan Menganalisis dan Mengevaluasi

Ketika Anda menggunakan internet, Anda dapat memeriksa hasil iklan Anda dengan sangat cepat. Informasi seperti berapa kali iklan Anda telah dilihat, berapa banyak orang yang telah melihat iklan Anda, jumlah orang yang telah mengklik iklan Anda, dll.

Anda akan tahu berapa kali orang telah mengakses situs Anda, berapa kali mereka telah melihat produk Anda, berapa banyak orang telah melihat produk Anda dan sebagainya. Juga, Anda dapat mengetahui berapa banyak orang yang telah mengakses situs Anda, persentase kunjungan mereka untuk produk Anda dan sebagainya.

Jika Anda memiliki pemahaman yang baik tentang jenis informasi ini, Anda dapat memutuskan iklan apa yang baik dan apa yang tidak. Kemudian Anda dapat memutuskan iklan mana yang harus diubah.

Anda tahu apa yang salah dan Anda tahu bagaimana memperbaikinya untuk periode yang akan datang.

Macam-macam Media Digital Marketing

Jika Anda berencana untuk mendapatkan yang terbaik dari strategi pemasaran Anda, pastikan pilihan Anda bijaksana dari awal, dari memilih anggaran yang tepat hingga menyediakan sumber daya yang diperlukan. Pahami dulu jenis-jenis digital marketing !

Website Sebagai Media Digital Marketing Paling Efektif

Website

Website sangat berperan dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengetahui bisnis Anda, promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah.

Video Marketing

Dengan cara ini, Anda dapat langsung menjelaskan tentang bisnis Anda, menjelaskan produk dan cara menggunakannya serta menampilkan testimonial pelanggan.

Email Marketing

Anda memberi tahu orang-orang mengenai informasi promosi produk/jasa yang sedang berlangsung melalui email.

Online Advertising

Promosi media yang dibayar di Internet oleh perusahaan iklan. Ini dapat membantu konsumen mendapatkan produk mereka lebih cepat dan lebih cepat, tetapi juga bisa lebih mahal daripada metode promosi lainnya.

Search Engine Marketing

Upaya untuk membuat website perusahaan mudah ditemukan dalam sistem mesin pencari.

Search Engine Marketing terbagi atas Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).

SEO dilakukan sendiri dengan waktu yang lebih lama dan murah sedangkan SEM berbayar tetapi lebih cepat.

Strategi Digital Marketing Untuk UMKM

Sebelum memulai strategi pemasaran yang Anda pilih, pikirkan langkah-langkah berikut yang akan membimbing Anda melalui langkah-langkah ini:

Menentukan target pasar dan pilihan produk

Jika Anda memutuskan untuk meluncurkan produk ke pasar tertentu, UMKM perlu tahu siapa yang akan menjadi pelanggan Anda dan mengapa. Setelah Anda mengidentifikasi dan memahami target pasar yang tepat, cari tahu apakah produk yang akan Anda ciptakan adalah solusi terbaik untuk mereka.

Memilih produk yang menjadi solusi terbaik

Langkah penting kedua ketika UMKM mulai belajar cara memasarkan produk menggunakan Digital Marketing adalah untuk memutuskan produk yang ingin Anda jual. Jangan lupa untuk melihat produk Anda dan berpikir apakah itu adalah solusi terbaik atau satu-satunya untuk masalah pelanggan. Jadi, memutuskan apakah produk yang akan Anda jual akan memecahkan masalah yang dihadapi pelanggan.

Membangun website

Ketika Anda siap untuk menjual produk Anda, mulai bekerja pada membangun website baru. Marketplace adalah pilihan yang sangat populer untuk bisnis saat ini namun Website ini tidak dimiliki oleh Anda. Jadi, akan lebih baik untuk membuat website yang disesuaikan untuk bisnis UMKM Anda.

Membangun media sosial

Setelah Anda memiliki website saatnya untuk menggunakan berbagai platform media social untuk membantu orang menemukan bisnis anda. Anda memiliki pilihan untuk menggunakan alat media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Pilih yang menurutmu tepat dengan target pasar.

Gunakan SEO, SEM, dan Social Media Ads

Anda perlu membayar untuk hal-hal seperti SEO dan SEM, dan Anda dapat menggunakan iklan Media Sosial untuk menjangkau lebih banyak orang. SEO memungkinkan Anda untuk peringkat tinggi di Google sehingga orang dapat menemukan Anda dengan mudah. SEM memungkinkan Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di Google. SEM melibatkan membayar untuk layanan yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan lalu lintas ke situs Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan pelanggan dengan menggunakan mesin pencari berbayar. SEM dan SMM bekerja dengan cara yang sama di Facebook dan Google Ads.

Kesalahan Umum Memulai Digital Marketing

Banyaknya kemudahan yang ditawarkan oleh konsep digital marketing memang menggiurkan.

Penting bagi UMKM untuk memahami bahwa ada beberapa kesalahan yang harus Anda hindari ketika menjalankan konsep yang melibatkan penggunaan berbagai jenis media, sama seperti Anda akan menghindari melakukan hal-hal yang akan merusak rencana pemasaran Anda.

Startegi Tidak Tepat Sasaran

Strategi adalah kunci untuk memutuskan arah yang akan diambil sebuah bisnis. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, ketika tren sering berubah, kebutuhan dan keinginan konsumen berubah setiap hari.Biasanya beberapa marketer bertekad untuk mendapatkan cakupan konsumen yang banyak, sehingga kerap serampangan dalam memilih target pasar.Ini membuatnya lebih sulit bagi Anda untuk berhasil memasarkan produk Anda secara online, karena Anda harus menghabiskan banyak waktu dan usaha untuk mengidentifikasi orang-orang yang tertarik pada produk Anda.

Sebelum meluncurkan produk atau layanan baru ke publik umum, Anda harus terlebih dahulu memutuskan apa yang dirancang produk untuk dicapai.Pastikan bahwa strategi pemasaran yang Anda rancang sudah spesifik, tepat sasaran, dan dapat dijangkau dengan mudah oleh target pasar.

Tidak Memahami Calon Konsumen

Bisnis yang sedang dijalani harus mampu menjadi solusi atas kebutuhan konsumen. Tetapi masih banyak pengusaha yang tidak memperhatikan kebutuhan pasar, dan dengan demikian mereka memproduksi produk yang tidak memenuhi permintaan pasar.

Anda perlu tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan pasar dari Anda sebelum Anda dapat membuat strategi pemasaran.

Mampu menjual produk yang baik sangat penting, tetapi Anda perlu memperhatikan kebutuhan dan preferensi orang yang menjualnya. Penting untuk memahami apa yang populer dan apa yang dibeli orang.

Mencoba untuk memahami bagaimana menarik pelanggan potensial tidak selalu mengharuskan Anda untuk mengubah produk Anda, tetapi mencoba untuk memahami bagaimana mempengaruhi mereka dengan menyesuaikan kemasan dan konten Anda. Anda juga dapat mencoba memilih Key Opinion Leader untuk mempengaruhi perilaku orang-orang.

Anda mungkin dapat mengetahui produk apa yang ramai di daerah Anda dengan mencari di Google Trends. Google Trends akan menunjukkan kepada Anda tren yang paling populer untuk produk Anda.

Mengabaikan Pengukuran Kinerja Digital Marketing

Mereka memungkinkan pengguna untuk melakukan hal-hal yang lebih mudah dilakukan, tetapi mereka juga memungkinkan bisnis untuk membuat keuntungan dari itu dengan mengukur konversi penjualan.

Satu hal yang membantu sebuah perusahaan untuk secara efektif menggunakan pemasaran digital adalah untuk menganalisis kinerja dengan menganalisis jumlah pengunjung ke situs web dan jumlah orang yang telah melihat iklan.

Berapakah audiens yang sadar dengan brand kita, mengunjungi website, atau meng-klik iklan kita di mesin pencarian.

Mengabaikan Story-telling dan Copywriting

Pemasar digital sangat bergantung pada konten, karena jika Anda menghasilkan konten yang bagus, konsumen potensial akan kembali kepada Anda. Yang paling penting dalam menghasilkan konten adalah menulis. Apakah itu menulis untuk situs web atau video, copywriting sangat penting untuk menyampaikan pesan yang akan diberikan kepada konsumen.

Konten tertulis harus dapat meyakinkan dan menerangi audiens sehingga produk yang Anda jual akan mudah dikenali.

Halaman Website yang Tidak Rapi dan Tidak Lengkap

Website resmi adalah tempat pertama yang dikunjungi konsumen ketika mereka mencari informasi produk di Internet. Solomediatama melayani jasa pembuatan website sesuai kebuthan anda.

Di era digital ini, dapat dikatakan bahwa website merupakan “wajah” bisnis Anda. Itu adalah salah satu alasan Anda harus memastikan situs web dapat dengan mudah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pengunjung dan bahkan tidak membingungkan mereka dengan navigasi situs web yang membingungkan.

Sebuah website bisnis harus dengan jelas mengkomunikasikan informasi, menawarkan panggilan untuk bertindak (call to action), dan membimbing pengguna ke halaman tertentu sehingga mereka dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka coba temukan.

Membuat sangat mudah bagi pengunjung untuk menemukan apa yang mereka cari dengan membuat konten di homepage situs web singkat, jelas, dan berguna.

Website yang tidak lengkap seperti tidak memiliki blog, tidak dilengkapi dengan informasi kontak atau About Us, juga dapat merusak reputasi bisnis Anda.

Selain About Us, nomor telepon dan alamat email perusahaan juga wajib ditampilkan dalam website untuk memudahkan konsumen menyalurkan pertanyaan, saran, dan kritiknya.

Webiste harus dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan pengguna mobile, serta memanfaatkan fitur mobile-first untuk memberikan pengalaman pengguna terbaik. Perilaku pengguna yang semakin dinamis menuntut sebuah website dapat diakses di manapun dan kapanpun.

Kesimpulan

Saat ini, pemasaran media sosial menjadi semakin populer. Hal ini juga semakin dikenal oleh para pengusaha. Pemasaran digital memungkinkan Anda untuk menargetkan pasar yang lebih luas dengan biaya yang jauh lebih rendah, dan memungkinkan Anda untuk menggunakan sumber daya yang lebih sedikit.

Namun tentu dari sekian banyak strategi yang dapat dipakai, Anda harus betul-betul bisa mengalokasikan sumber daya yang dimiliki agar nantinya dapat menghindari risiko kerugian karena terlalu fokus ke banyak hal sekaligus.

Scroll to Top