Pengertian dan Dasar-Dasar Marketing

Kenali Pengertian dan Dasar-Dasar Marketing
Kenali Pengertian dan Dasar-Dasar Marketing

Pengertian Marketing

Pemasaran (bahasa Inggris: marketing) adalah aktivitas dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.

wikipedia

Pemasaran dimulai dengan memenuhi kebutuhan orang dan kemudian mereka melanjutkan untuk memuaskan keinginan mereka. Orang benar-benar haus, jadi mereka perlu memiliki banyak minuman dan makanan. Jika seseorang minum sedikit air, itu akan memenuhi kebutuhan mereka. Begitu juga, orang-orang perlu memiliki beberapa hal agar mereka dapat hidup dengan nyaman. Mereka menginginkan sesuatu yang mereka sukai.

Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dengan penciptaan produk, memutuskan harga yang baik, dan kemudian pengiriman dan kemasan barang, hingga akhirnya penjualan dan/atau penjualan produk. Marketing adalah orang-orang dalam bisnis ini yang bekerja dengan orang lain untuk mencapai tujuan mereka. Marketing harus memiliki pengetahuan yang baik tentang teori dan dasar-dasar promosi barang dan jasa untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan orang.

Marketing mencoba meyakinkan orang untuk membeli atau menggunakan jenis barang atau layanan tertentu dengan menawarkan mereka kepada mereka. Pemasar harus merencanakan dan melaksanakan rencana untuk menjual jenis produk atau layanan tertentu kepada konsumen. Mereka harus meneliti dan merancang berbagai cara untuk meyakinkan konsumen untuk membeli produk atau layanan mereka.

Bisnis yang didukung oleh ekonomi modern menciptakan peluang bagi para pemasar untuk menghasilkan uang. Ada banyak bicara tentang perubahan industri yang akan datang, seperti e-commerce dan revolusi media sosial, yang semuanya adalah upaya untuk menjual atau mempromosikan jenis barang tertentu atau menjual layanan tertentu menggunakan Web. Dulu pemasaran hanya terbatas pada bentuk fisik seperti papan reklame (billboard), pamflet, hingga spanduk. Namun, sekarang sudah mulai merambah dunia digital seperti di social media, online advertising, dan lainnya.

Sejarah Marketing

Semenjak adanya Revolusi industri tahun 1900 talah mengatarkan pada perubahan kearah peradaban bisnis modern. Apa yang dimulai sebagai perdagangan sederhana akhirnya menjadi kapitalis. Kapitalisme adalah kemampuan bisnis besar untuk membuat pabrik, menjual produk, dan memungkinkan individu untuk mengendalikan bisnis mereka sendiri.

Ada perubahan paradigma dalam cara pasar bekerja, dan organisasi perlu mengelola kegiatan mereka untuk memenuhi permintaan pasar.

Ada dua faktor yang menyebabkan pandangan baru tentang bagaimana pasar bekerja, yang mencakup studi tentang bagaimana perusahaan memasarkan produk dan layanan mereka.

Awalnya marketing tidak lebih dari aktivitas bisnis sederhana, yang merupakan bagian dari aktivitas ekonomi. Melalui pendekatan sosiologis dapat dilihat sebagai sebuah institusi sosial, artinya market bukan hanya tempat bertemunya permintaan dan penawaran melainkan juga bertemunya pembeli dan penjual. Pada dasarnya, pasar adalah tempat di mana pembeli dan penjual tertarik untuk bertemu, oleh orang-orang yang sangat mirip dalam selera dan motivasi mereka.

Mengapa Marketing Itu Penting?

Dalam kebanyakan bisnis, Marketing adalah proses yang sangat penting yang membantu mengembangkan perusahaan. Pemasar tidak dapat hanya membantu orang tahu produk atau layanan apa yang tersedia, tetapi mereka dapat membantu bisnis menjual lebih banyak produk atau layanan untuk membantu mereka berkembang.

Marketing membantu membantu bisnis menjual lebih banyak barang-barang mereka atau untuk mendorong konsumen untuk menggunakan layanan atau produk mereka. Penjual tentu saja tahu apa saja produk atau jasa yang mereka tawarkan, tapi bagaimana dengan masyarakat luas?

Untuk menggunakan sebuah produk atau jasa, masyarakat membutuhkan edukasi. Menurut Creativs, pemasaran adalah cara paling efektif untuk menjelaskan sebuah produk atau jasa kepada calon pengguna. Ketika membuat materi pemasaran yang akan membantu Anda meningkatkan harga produk atau layanan Anda, pikirkan tentang membuatnya berguna dan membuatnya menarik.

Secara umum, pemasaran melibatkan berbagai cara untuk menjangkau pembeli. Salah satu cara adalah untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna. Di antaranya adalah sekadar memberikan ucapan terima kasih karena telah menggunakan produk atau jasamu. Anda dapat melakukannya dengan mengatur untuk memberikan hadiah khusus kepada pelanggan yang puas atau kepada mereka yang telah melakukan pembelian reguler dari bisnis Anda. Ini sangat penting, karena menyebabkan pelanggan potensial memilih produk atau layanan kami atas produk atau layanan penjual lain.

Menurut Forty, marketing adalah cara terbaik untuk membuat nilai produk atau jasa yang ditawarkan tetap tinggi. Dalam dunia di mana ada banyak produk dan layanan yang ditawarkan, keputusan tentang apa yang akan dijual kepada pembeli tertentu sangat penting. Ini membuat perbedaan apakah mereka bisa tetap hidup dan berkembang atau tidak.

Jenis Media Pemasaran

Seperti yang sudah dijelaskan, pemasaran terbagi dalam dua bentuk: yaitu pemasaran online dan offline. Jika offline memiliki keterbatasan medium, lain halnya dengan online. Dengan melakukan pemasaran online, kamu dapat berbagai hal untuk mendapatkan pembeli tanpa batasan. Berikut beberapa jenis pemasaran seperti dikutip dari Hubspot.

Media Cetak

Jenis lain dari pemasaran adalah blog dan media cetak. Lewat jenis ini, pemilik produk atau jasa dapat memasarkan produknya melalui banner dan tulisan (apabila menggunakan blog) dan iklan (apabila menggunakan media cetak). 

Video

Jenis video marketing berubah seiring perkembangan waktu. Apabila dulu video marketing hanya digunakan untuk menggaet calon pembeli, sekarang video marketing bisa juga digunakan untuk mempertahankan loyalitas pembeli. Salah satu contohnya adalah membuat serial film atau televisi mini.

SEO(Search Engine Optimization)

Search Engine Optimization atau SEO adalah jenis pemasaran terpopuler saat ini. Proses ini menggunakan optimisasi situs web agar produk atau jasa muncul dalam mesin pencari seperti Google. Dengan memanfaatkan SEO, pemilik produk atau jasa dapat menyasar dan menganalisis calon pembeli secara spesifik. Misalnya mereka yang berusia 18 sampai 25 tahun atau orang yang tinggal di kota tertentu. 

Media Sosial

Media sosial juga memiliki popularitas serupa SEO. Bedanya, di media sosial, produk atau jasa yang ditawarkan tidak akan mudah mendapatkan calon pembeli. Hal dikarenakan setiap media sosial memiliki segmentasi dan target pasar yang berbeda.

SEM (Search Engine Marketing)

Search Engine Marketing dikenal dengan singkatan SEM. SEM bertugas untuk membuat produk atau jasa yang ditawarkan muncul di urutan pertama mesin pencari. Selain itu, jenis ini dapat memaksimalkan kedatangan calon pembeli dengan metode pay per click.

Apa Itu 4P Marketing ?

Pada 1960-an, E. Jerome McCarthy, penulis dan profesor di bidang pemasaran, memperkenalkan konsep 4P dalam buku Basic Marketing: A Managerial Approach. Nah, 4P marketing adalah product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi). 

Pada dasarnya, 4P marketing menjelaskan bagaimana pemasaran bersinggungan dengan setiap tahap bisnis. Selain itu, 4P adalah gabungan faktor yang menentukan atau memengaruhi setiap keputusan masyarakat terhadap produk atau jasa yang beredar.

Product

Produk adalah faktor pertama. Produk menjadi penting karena untuk memengaruhi masyarakat, tidak hanya membutuhkan sebuah produk atau jasa yang sudah jadi. 

Pertanyaan yang akan muncul biasanya adalah bagaimana produk atau jasa ini ditampilkan. Setelah itu, pemilik produk atau jasa dapat melakukan tes pasar mengenai pendapat masyarakat mengenai produk atau jasa ini, apakah sudah menarik atau belum. 

Tanpa memahami hal di atas, produk atau jasa yang ditawarkan akan sulit diterima. Pemahaman akan hal di atas akan membuat pemilik akan terus memikirkan cara meningkatkan kualitas produk atau jasa tanpa asumsi.

Price

Setelah menentukan produk atau jasa, hal berikut yang perlu diperhatikan adalah harga. Untuk menentukan harga, pemilik produk atau jasa dapat memeriksa harga kompetitor atau melihat sejauh mana calon pembeli bersedia membayar.

Place

Dalam konteks pemasaran, place mengacu pada proses distribusi barang atau jasa yang kamu tawarkan. Selain prosesnya, kamu juga harus tahu seberapa luas jangkauan produk dan jasamu. Ya, di sini kamu harus tahu betul siapa saja sasaran produk dan jasamu serta bagaimana cara terbaiknya supaya masyarakat bisa mendapatkan produkmu.  

Promotion

Faktor terakhir dalam 4P adalah promosi. Promosi mencakup iklan, acara, atau diskon yang dibuat untuk meningkatkan pemahaman terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Tidak hanya itu saja, promosi juga memungkinkan produk atau jasa menarik pembeli lebih banyak.

Scroll to Top