Tujuan dan Manfaat Digital Marketing Untuk UMKM

Tujuan dan Manfaat Digital Marketing , Pengertian Digital Marketing merupakan suatu usaha untuk menjalankan pemasaran sebuah brand atau produk via dunia digital dimana Anda bisa berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu di online. Internet adalah salah satu cara utama yang memungkinkan pelanggan untuk melihat produk atau layanan yang Anda tawarkan kepada mereka. Ketika pelanggan potensial mendapatkan akses ke penawaran Anda, Anda dapat menghubungi mereka secara langsung.

Tujuan dan Manfaat Digital Marketing Untuk UMKM
Tujuan dan Manfaat Digital Marketing Untuk UMKM

Tujuan Digital Marketing Menurut Ahli

Digital marketing is the application of the internet and related digital technologies in conjunction with traditional communications to to achieves marketing objectives.

Chaffey dan Chadwick

Artinya Digital Marketing merupakan aplikasi dari internet dan berhubungan dengan teknologi digital dimana didalamnya berhubungan dengan komunikasi tradisional untuk mencapai tujuan pemasaran. Hal tersebut dapat dicapai untuk meningkatkan pengetahuan tentang konsumen seperti profil, perilaku, nilai, dan tingkat loyalitas, kemudian menyatukan komunikasi yang ditargetkan dan pelayanan online sesuai kebutuhan masing-masing individu.

Pada dasarnya digital marketing merupakan kegiatan pemasaran yang menggunaan media digital dengan menggunakan internet yang memanfaatkan media berupa web, social media, e-mail, database, mobile/wireless dan digital tv guna meningkatkan target konsumen dan untuk mengetahaui profil, perilaku, nilai produk, serta loyalitas para pelanggan atau target konsumen untuk mencapai tujuan pemasaran.

Tujuan dan Manfaat Digital Marketing

Seringkali, upaya digitalisasi dianggap sebagai sekedar gaya atau mengikuti tren tanpa adanya kaitan dengan konteks strategi bisnis ataupun marketing. Namun, sebetulnya penting sekali bagi perusahaan untuk memahami tujuan umum yang bisa dicapai oleh digital marketing.

Terkadang perusahaan lupa untuk menetapkan tujuan yang jelas untuk memulai digital marketing. Seringkali, upaya digitalisasi dianggap sebagai sekedar gaya atau mengikuti tren tanpa adanya kaitan dengan konteks strategi bisnis ataupun marketing. Ini sebenarnya sangat penting bagi bisnis untuk sepenuhnya memahami tujuan setiap kampanye pemasaran yang akan dicapai.

Manfaat Digital Marketing Untuk UMKM

Membantu Untuk Meningkatkan Penjualan

Tujuan dari aktivitas digital marketing adalah untuk meningkatkan jumlah penjualan dari suatu produk. Nah, karena digital marketing bisa menjangkau lebih banyak sasaran customer, karena akses digital marekting bisa menjangkau semua wilayah yang terkoneksi dengan internet. Anda dapat melihat pertumbuhan penjualan yang signifikan ketika Anda menggunakan pemasaran digital.

Digital Marketing sudah dikonfirmasi oleh banyak pemilik bisnis untuk meningkatkan pendapatan mereka samping 2.8 kali lipat dari sebelum melaksanakan usaha Digital Marketing.

Sarana Penghubung Yang Baik Dengan Konsumen

Digital marketing dilaksanakan dengan beragam media yang terhubung secara langsung dengan customer. Meskipun belum saling mengenal satu sama lain, dengan teknologi digital dimungkinkan untuk melaksanakan komunikasi dengan customer secara langsung dengan teknik digital marketing. Hal ini membuat digital marketing menjadi sangat diminati sebab lebih dekat dengan customer.

Pelanggan sangat berharga, dan memiliki hubungan yang baik dengan mereka sangat berharga. Mampu membangun bisnis yang hebat dengan pelanggan Anda dan mampu memberikan layanan yang bagus kepada mereka sangat penting. Terlebih lagi, dengan bantuan digital marketing, Anda bisa membuat pelanggan bahagia dengan menggunakan cara yang berbeda untuk memasarkan ke mereka.

Membantu Bersaing Dengan Perusahaan Besar

Sebelum teknologi informasi dan komunikasi berkembang cepat seperti sekarang, pengusaha kecil atau pemula biasanya akan susah sekali bersaing dalam dunia bisnis. Tetapi, tidak untuk sekarang.

Tidak cuman membuat posisi anda sejajar dengan pesaing, melainkan pemasaran digital juga memungkinkan anda untuk bersaing head to head dengan merek dan perusahaan besar. Dengan menjalankan pemasaran yang tepat sasaran menerapkan berbagai media digital yang ada.

Memberikan Kemudahan Dalam Melihat Perubahan Bisnis

Menyadari gerakan bisnis sangat berharga. Beberapa pengusaha sangat lambat bereaksi ketika ada perubahan penting yang perlu dibuat dalam bisnis dan membutuhkan waktu untuk menyadari bahwa ada banyak kesempatan untuk meningkatkan keuntungan.

Tetapi, dengan strategi digital marketing, hal ini tidak akan menjadi masalah, sebab perubahan bisnis bisa dengan gampang Anda ketahui tanpa harus menunggu waktu yang lama. Dengan begitu, analisa dan evualuasi bisnis pun juga dapat Anda lakukan dengan cepat.

Menjangkau Pasar Yang Lebih Luas

Dengan menggunakan internet, Anda mungkin dapat menargetkan pasar yang jauh lebih luas. Karena dapat mencapai audiens yang lebih luas melalui pemasaran digital, pelanggan di banyak pasar ini akan merasa lebih mudah untuk melakukan belanja online, yang berarti mereka mungkin berasal dari wilayah yang berbeda juga. Dengan demikian, peluang mendapatkan customer pun juga dapat semakin besar.

Hal penting yang seharusnya Anda ketahui sekarang juga ialah hampir 80% konsumen akan menelusuri sebuah produk atau layanan sebelum membelinya, jadi usaha Digital Marketing bukanlah hal yang seharusnya Anda tunda.

Semakin larut Anda menunda untuk mendigitalkan usaha Anda semakin susah juga pada akhirnya bisnis Anda akan berkembang, karena pastinya kompetitor Anda juga akan melakukannya.

Menghemat Biaya Promosi

Keuntungan menggunakan internet untuk iklan karena memungkinkan perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka secara murah dan efisien tanpa harus menghabiskan banyak uang. Jika Anda berencana untuk menggunakan pemasaran digital untuk mempromosikan bisnis Anda, biaya melakukan itu akan jauh lebih rendah daripada melakukan metode tradisional seperti mencetak brosur, membuat papan iklan, atau menjalankan iklan di radio atau televisi. Ketika Anda memulai bisnis baru dan ingin menarik lebih banyak pelanggan, bisa sangat menguntungkan untuk menggunakan taktik pemasaran seperti digital marketing untuk menjalankan promosi.

Ketika pemilik bisnis menciptakan hubungan pelanggan yang baik, menjadi sangat mudah bagi mereka untuk menghasilkan keuntungan. Dengan menerapkan pemasaran online, bisnis dapat dengan cepat menemukan pelanggan dan menghasilkan lebih banyak keuntungan. Tetapi dengan menggunakan pemasaran online, Anda mungkin tidak perlu menghabiskan banyak untuk iklan.

Digital Marketing Sebagai Pendorong Bisnis

Fungsi digital marketing terkadang dipandang sebagai dua ekstrem yang berbeda. Satu ekstrem menganggap digital marketing adalah tongkat sulap yang bisa menghasilkan sales melalui algoritma siapapun yang mereka tidak mau tahu asalnya. Ekstrem lainnya menganggap digital marketing tidak akan cocok dengan bisnisnya dan semua yang terjadi hanya kebetulan. Mari kita lihat masing-masing dari mereka satu per satu. Keberhasilan digital marketing tentu tidak akan terjadi kalau dari awal hanya dianggap sebagai tongkat sulap. Digital marketing sendiri merupakan hanyalah roda kecil dari proses raksasa sebuah bisnis yang dikomandoi oleh strategi bisnis.

Strategi dan Tujuan Digital Marketing

Strategi bisnis mengatur segala aspek mulai dari keuangan, sumber daya, sampai ke layanan konsumen. Digital marketing masuk ke dalam salah satu bagian strategi bisnis, yaitu strategi marketing. Fungsi utamanya adalah bagaimana menyebarkan produk perusahaan ke konsumen. Produk di sini bisa berarti produk dalam harafiah, atau edukasi, media, dan lain sebagainya.

Tujuan dari digital marketing tidak bisa dilepaskan dari apa yang ingin dicapai perusahaan dan apa effort yang sudah dialokasikan. Secara umum, ada 5 jenis tujuan digital marketing, yaitu:

Awareness

Bagi perusahaan yang ingin mendapatkan perhatian konsumen sebanyak-banyaknya, awareness adalah tujuan yang tepat. Tujuan ini biasa dipakai untuk perusahaan FMCG yang karakteristiknya butuh perhatian konsumen dengan jumlah yang signifikan.

Engagement

Dengan berkembangnya digital, maka kita bisa mengukur engagement audiens dalam semua platform yang kita miliki. Saluran digital seperti email, media sosial, dan website semuanya kita bisa ukur untuk melihat jumlah dan kedalaman interaksi dari konsumen.

Publikasi konten/edukasi

Ada kalanya perusahaan perlu memastikan penyebaran informasi sudah terpenuhi sebagai bentuk tanggung jawab terhadap stakeholder. Tujuan publikasi konten/edukasi ini digunakan untuk memastikan jumlah konten dan sebaran audiens yang menerima konten tersebut tetap pada level yang diinginkan.

Relasi pelanggan

Digital menawarkan cara yang efisien untuk selalu bisa hadir untuk pelanggan. Berbagai perusahaan mencoba pendekatan relasi pelanggan untuk adaptif dalam membalas pertanyaan umum, komplain, dan lain sebagainya.

Penjualan

Digital juga bisa membantu penjualan, terlebih apabila saluran digital yang dimiliki sudah mengakomodir untuk melakukan transaksi online.

Penting sekali untuk memilih saluran digital yang sesuai dengan masing-masing tujuan. Seringkali tidak semua perusahaan perlu menggunakan semua jenis saluran digital seperti Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, Website, Email Newsletter, Iklan, dan lainnya jika telah mengetahui konteks tujuan digital marketing. Identifikasikan saluran digital yang paling sesuai untuk menunjang digitalisasi perusahaan yang tetap terarah.

Scroll to Top